Terbongkar! Ada 7 Rahasia Lulus CPNS

bursa cpns - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 mendatang memang belum dibuka, namun tidak ada salahnya untuk mulai mempersiapkan diri dari sekarang. Persiapan ini penting agar peluang Anda lolos seleksi CPNS sempit jelas lebih besar.

Rahasia Lulus CPNS


1. Perhatikan waktu tahapan perekaman.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jadwal pendaftaran CPNS itu sendiri. Para calon pendaftar harus bersiap-siap menunggu tahapan pendaftaran yang akan diumumkan agar tidak terlambat.

Salah satu cara untuk mendapatkan informasi terbaru tentang CPNS adalah dengan mengikuti akun Instagram @bkngoidofficial dan kemenpanrb.

Perhatikan juga waktu perekaman. Mendaftar pada malam hari bisa menjadi salah satu pilihan, dengan harapan situs yang diakses tidak ramai, sehingga proses pendaftaran berjalan lancar.

2. Sering berlatih soal


Sambil menunggu pendaftaran dibuka, calon pendaftar juga bisa mulai berlatih soal-soal tes CPNS mulai sekarang. Anda bisa menggunakan cara tradisional, seperti membeli buku soal dari toko buku.

Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki kumpulan soal tes CPNS. Karena kumpulan soal serupa juga bisa didapatkan melalui smartphone khusus. Coba cari aplikasi latihan CPNS. Atau, Anda juga bisa menonton video Youtube yang mengulas soal-soal yang berkaitan dengan ujian CPNS.

3. Dengarkan pengalaman orang lain

Ada pepatah yang mengatakan "pengalaman adalah guru terbaik". Tentu hal ini juga berlaku untuk proses seleksi ini. Bagi yang pernah gagal tes CPNS sebelumnya, jangan lupa untuk menilai faktor kegagalannya.

Namun jika ini adalah ujian pertama Anda, jangan ragu untuk mendengarkan pengalaman dan saran dari teman atau keluarga yang telah lulus. Semoga kali ini Anda dapat menghindari kesalahan serupa dan mengerjakan soal tes CPNS dengan lebih baik.

4. Pilih organisasi yang tidak memiliki pengikut.


Tips kali ini bagi yang belum tertarik akan bekerja di agensi mana nantinya. Jika Anda siap bekerja di mana saja, Anda dapat memilih organisasi yang tidak tertarik untuk meningkatkan peluang Anda untuk berhasil lulus seleksi.

5. Manajemen waktu


Untuk memperbesar peluang lulus ujian CPNS, mulailah mengatur waktu dengan baik, bahkan dari tahap persiapan. Luangkan waktu setiap hari untuk mempelajari soal-soal ujian CPNS. Anda juga dapat menjalankan simulasi seolah-olah Anda sedang mengikuti ujian sesungguhnya.

Pada hari tes, perhatikan juga lokasi dan jarak antara rumah Anda dengan lokasi tes. Kemudian berikan waktu yang cukup untuk sampai ke lokasi pengujian. Jika bisa, datanglah ke lokasi tes lebih awal dari jadwal agar Anda tidak cepat lelah dan bisa mengikuti tes dalam kondisi terbaik. Ingatlah untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan selama proses penyaringan.

7. Berdoa


Terakhir, jika segala upaya dilakukan, jangan lupa berdoa agar ujiannya lebih mudah bagi Anda. Mintalah orang tuamu untuk berdoa sebelum pergi ke lokasi ujian, lalu jalani proses seleksi dengan sebaik-baiknya.