Tips Mengikuti Tes CPNS, Berikut 8 Rahasia Dibalik Seseorang Lolos Ujian CPNS

bursa cpns - Halo Pejuang ASN! Pengumuman pengumuman seleksi pengurus CPNS dijadwalkan baru - baru pada Tahun ini. Hasil bisa dilihat di website resmi masing-masing instansi atau di portal SSCASN. Semoga hasilnya bagus, ya. Seleksi telah disetujui, yang berarti Anda sedang mendekati proses seleksi berikutnya. Nah, itulah beberapa tips lulus ujian CPNS yang bisa kamu persiapkan mulai dari sekarang. Ayo lihat!

Tips Mengikuti Tes CPNS, Berikut 8 Rahasia Dibalik Seseorang Lolos



1. Mulailah dengan sebuah kalimat

Setelah persiapan yang matang, akhirnya hari H ujian CPNS pun tiba. Jangan lupa untuk meminta restu orang tuamu sebelum pergi ke tempat audisi. Biar diberikan kelancaran dan kenyamanan. Juga, berdoalah sebelum Anda mulai mengerjakan masalah.

2. Datang tepat waktu

Untuk menghindari keterlambatan, Anda bisa datang 90 menit sebelum ujian. Agar tidak ngantuk, jangan lupa pasang alarm ya? Tahun ini, tes CPNS dilakukan sesuai protokol kesehatan. Setiap peserta disarankan untuk mengisolasi diri selama 14 hari sebelum tes. Pastikan untuk menjaga jarak dan gunakan masker medis atau masker 3 lapis.

3. Pilih prioritas kategori pertanyaan

Pilih materi yang ingin Anda kerjakan terlebih dahulu. Ingat, di SKD kamu harus menyelesaikan 110 soal dalam 100 menit. Jadi satu soal harus diselesaikan dalam waktu 54 detik. Anda bisa mulai dengan materi yang paling Anda kenal dan tidak menghabiskan banyak waktu untuk menjawab pertanyaan.

4. Terus-menerus membalas

Saat mengerjakan sebuah pertanyaan, Anda mungkin ragu dan mempertimbangkan untuk mengubah jawaban Anda. Kalau bisa jangan. Biasanya jawabannya adalah bahwa perubahan itu salah. Selain itu, waktu untuk mengerjakan soal juga hampir habis untuk mengganti jawaban.

5. Mengetahui tingkat keberhasilan

Terkadang, meskipun Anda telah mempelajari dan mempraktikkan banyak pertanyaan, masih ada pertanyaan yang akan mengejutkan Anda dalam ujian. Jangan panik, itu normal jika Anda tidak dapat mengajukan satu atau dua pertanyaan. Anda dapat mengetahui skor kelulusan untuk setiap kategori pertanyaan. Jadi Anda dapat memperkirakan pertanyaan yang membutuhkan setidaknya satu jawaban yang benar. Jika lebih? Ya, sangat bagus. Di bawah ini adalah skor kelulusan CPNS terbaru berdasarkan Permenpan RB #27 dari tahun 2021. Selain jumlah soal, skor kelulusan ini juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Tapi yah, Anda bisa melakukannya!

6. Tips untuk menangani kasus TKP

Ketika berhadapan dengan pertanyaan TKP, baca pertanyaannya terlebih dahulu dan kemudian datanya. Temukan kata kunci dalam data dan cocokkan dengan opsi respons yang tersedia. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) mengukur seberapa baik Anda dapat mengendalikan diri. Jadi disiplin, jujur, gigih dan pandai mengelola emosi Anda.

7. Tips Mengajukan Pertanyaan TWK

Dalam kasus TWK, Anda akan menemukan banyak pertanyaan tentang Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, sejarah dan bahasa Indonesia. Kunci mengerjakan soal-soal TWK adalah menghafal dan memahami perspektif kebangsaan ini.

8. Tips Mengajukan Pertanyaan TIU

Ada 3 keterampilan yang harus dikuasai untuk mengerjakan soal TIU, yaitu keterampilan verbal, numerik, dan gambar. Tips untuk mengerjakan soal ini dengan lancar adalah banyak berlatih pada soal-soal TIU yang berbeda. Karena semakin banyak latihan soal, semakin banyak rumus yang akan Anda dapatkan dan kuasai.

Setelah SKD, ada lomba seleksi lapangan. Dalam tes ini, Anda akan diberikan banyak pertanyaan tentang bidang tempat Anda akan bekerja dan bidang lainnya, seperti pertanyaan tentang potensi akademik dan TOEFL.

Ini dia tips dan trik agar lulus ujian CPNS Terbaru. Jangan lupa untuk rutin mereview program dan rajin berlatih soal-soalnya. Semangat untuk bersiap! Soal latihan adalah salah satu kunci untuk memperbesar peluang lolos CPNS. Anda dapat membeli pelajaran pelatihan CPNS dari Akademi Keterampilan. Ada banyak pilihan soal ujian dan juga diskusi yang dapat membantu dan memudahkan Anda dalam belajar.