Kiat Lolos CPNS dengan Sistem CAT, ada 10 Tipsnya

bursa cpns - Menjadi ASN tidaklah mudah. Anda harus lulus serangkaian tes masuk. Salah satunya adalah pengujian dengan sistem CAT. Sedikit yang gagal dalam tes ini. Untuk itulah akhirnya banyak yang mencari cheat untuk melewati sistem CAT CPNS.

Kiat Lolos CPNS dengan Sistem CAT

Computer Aided Test atau CAT adalah sistem BKN. Sistem ini menggunakan instrumen berbentuk komputer sehingga setiap pelamar CPNS harus memenuhi nilai standar minimal.

Oleh karena itu, jika tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan, maka akan dianggap gagal atau tidak akan melanjutkan ke tahap berikutnya.

10 Trik CAT CPNS untuk Dikuasai

Tidak mudah untuk lulus ujian CPNS. Apalagi bagi mereka yang belum terbiasa menggunakan teknologi seperti komputer. Untuk menjawab dan lulus ujian CPNS, Anda harus menguasai trik rahasia berikut ini.

1. Belajar komputer

Bagi yang menggunakan komputer atau laptop setiap hari, menjajal sistem CAT tidaklah sulit. Namun, bagi orang yang jarang menggunakan komputer, sistem ini akan menyulitkan.

Anda mungkin tidak bisa menyalakan komputer, cara mengetik nama atau yang lainnya. Oleh karena itu, hal utama selain perlu mempelajari materi adalah mempelajari komputer.

2. Kenali materinya

Ada 3 pilihan kompetensi inti CPNS yang harus Anda lalui. Pilihannya adalah Tes Pengetahuan Nasional (TWK), Tes Kecerdasan Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Selanjutnya, cari tahu bagian mana yang menurut Anda tidak Anda pahami atau apa yang hilang.

3. Gunakan metode yang paling efektif

Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda. Beberapa memiliki cara belajar yang efektif dengan mendengarkan musik, yang lain belajar diam-diam. Misalnya pada malam hari.

Jadi ketahuilah sebelumnya bagaimana mempelajari apa yang tepat untuk Anda. Buat lingkungan Anda nyaman untuk membuat proses belajar lebih cepat dan efisien. Jangan lupa untuk tidak membebani diri sendiri.

4. Berlatih memecahkan masalah

Ada banyak soal ujian CPNS dari tahun-tahun sebelumnya. Baik yang belum menggunakan sistem Cat maupun yang sudah menggunakannya. Terutama saat ini untuk meneliti pertanyaan karena lingkungan belajar Anda menjadi lebih mudah.

Anda dapat mencari di toko buku atau di Internet. Dengan latihan soal-soal ini, akan melatih Anda mengerjakan soal dengan lebih mudah dan cepat.

5. Motivasi diri sendiri

Tidak ada gunanya jika Anda banyak belajar tetapi tidak terlalu termotivasi. Jadi yakinkan diri Anda terlebih dahulu sebelum belajar dan Anda pasti bisa. Sehingga apa yang Anda pelajari nantinya dapat diserap dengan baik.

6. Menyiapkan dokumen elektronik dan salinan yang diperlukan.

Untuk lulus ujian, Anda harus melengkapi persyaratan. Misalnya ada dokumen tambahan yang harus dilampirkan. Dengan dokumen lengkap ini, setidaknya akan menambah satu poin untuk Anda.

7. Percaya Diri dan Kurang Informasi

Untuk menjadi ASN, Anda harus berhadapan dengan jutaan orang yang memiliki niat yang sama, yaitu menjadi PNS. Pengalamannya akan sangat mengharukan. Tidak hanya pengalaman mengikuti ujian, tetapi juga menjawab berbagai pertanyaan.

Anda harus yakin dengan kemampuan Anda. Jangan terlalu memperhatikan orang lain karena mereka justru akan mengecewakanmu. Juga, pastikan Anda tidak tahu apa-apa karena CAT berbasis teknologi.

8. Meminta restu dari orang tua

Untuk lulus ujian CPNS, Anda tidak hanya mengandalkan keterampilan belajar, tetapi juga keterampilan "tak terlihat", seperti doa orang tua. Kedengarannya sepele, tetapi metode yang sangat mudah ini ampuh untuk membawa Anda ke tahap berikutnya.

Seimbangkan antara sholat dan belajar. Dengan begitu, Anda akan lebih percaya diri untuk mengikuti ujian CPNS dengan sistem CAT.

9. Perhatikan pakaian dan kartu pelanggan.

Sebelum berangkat ujian, Anda harus sudah menyiapkan pakaian dan kartu peserta. Pakaian yang akan dikenakan harus kemeja putih dengan latar belakang hitam. Sepatu pantofel dan kerudung (jika dipakai) juga harus disediakan.

Jangan lupa membawa KTP atau dokumen lainnya seperti kartu peserta. Karena jika tidak, apalagi lulus, Anda mungkin tidak diperbolehkan mengikuti ujian.

10. Persiapan yang mumpuni

Saat mengerjakan soal-soal ujian CPNS, kamu butuh banyak fokus. Selain mendapatkan istirahat yang cukup untuk kesehatan tubuh, Anda juga harus sarapan pagi. Selain bisa tetap fokus, kamu juga mendapatkan banyak energi agar tidak mudah pusing.

Itulah 10 cara atau trik lolos sistem CPNS CAT yang bisa anda coba mulai sekarang. Jika Anda lolos tahap wawancara, Anda harus menjawab dengan jujur ​​dan semampu Anda serta tidak terkesan arogan. Semoga berhasil dan semoga berhasil!