Senin, 25 Oktober 2021

Contoh Kasus Rekrutmen dan Seleksi Karyawan pada Perusahaan

bursa cpns - Seperti yang telah kita bahas pada artikel-artikel sebelumnya, terdapat perbedaan besar antara rekrutmen dan seleksi, namun keduanya tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan HRM dalam upaya mendapatkan kandidat sesuai dengan yang diharapkan.

Seleksi Karyawan


Perbedaan antara rekrutmen dan seleksi itu sendiri dapat dilihat dari tujuan, pendekatan yang digunakan, urutan pelaksanaan, proses dan waktu yang dibutuhkan.


Secara teknis, perekrutan sebenarnya berlangsung sebelum proses seleksi berlangsung. Artinya, rekrutmen bertujuan untuk menarik sebanyak mungkin kandidat yang kemudian akan diseleksi sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Di bawah ini adalah contoh rekrutmen dan seleksi.

Contoh Lowongan pekerjaan

PT Comtronics Systems (Total Solusi IT)
Posisi: Eksekutif Akun
 
Penempatan: Bandung (urgent need), Jakarta, Sekarang atau Semarang

Persyaratan:
  1. usia min. 22 tahun
  2. memiliki kartu SIM A
  3. Memiliki mobil pribadi (minimal sepeda motor)
  4. pendidikan terakhir. D-3 dengan jurusan bisnis, manajemen, pemasaran, ekonomi, atau jurusan terkait lainnya
  5. Memiliki lebih dari 2 tahun pengalaman pemasaran/penjualan, lulusan baru dapat melamar
  6. Kefasihan dalam Microsoft Office dan perangkat lunak perkantoran lainnya
  7. Penampilan menarik dan elegan
  8. Anda memiliki kemampuan negosiasi dan komunikasi yang baik.
  9. pekerja hebat
  10. Kemampuan untuk bekerja secara individu dan kolektif.
  11. Integritas dan berorientasi pada tujuan
  12. Kefasihan dalam bahasa Inggris lisan dan tulisan adalah keuntungan tambahan

Kirim CV Anda melalui email:
rekrut@bursacpns.com
Subjek: Application_AE_ (Nama)


Terima kasih!
Kata kunci: Jawa Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Tengah, Bekasi, pemasaran


Formulir pekerjaan di atas akan diunggah atau diposting nanti di berbagai platform admin pekerjaan seperti Job Street, createinfo, jobId dll. Proses ini sekarang disebut proses rekrutmen, dan merupakan upaya untuk menarik kandidat sebanyak mungkin.

Contoh Seleksi

Seperti disebutkan di atas, karyawan akan dipilih setelah proses perekrutan. Kandidat yang telah terjerumus dalam proses rekrutmen selanjutnya akan mengikuti proses seleksi. Proses seleksi meliputi:

1. Seleksi manajemen

Seleksi administrasi adalah proses pengelompokan berkas lamaran sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Berkas yang dimaksud antara lain: Surat lamaran, CV, Ijazah terakhir, Surat Keterangan Pengalaman, SKCK, Surat Keterangan Sehat, KTP dan Foto.

2. Seleksi Tertulis

Bagi calon yang dinyatakan lulus seleksi manajerial, akan dilakukan seleksi tertulis berupa psikotes untuk mengetahui tingkat kecerdasan, etos kerja dan kepribadian calon. Beberapa tes psikologi yang biasa digunakan dalam proses screening ini antara lain:
  • Tes IQ
  • tes Kepribadian
  • Tes kemampuan dan tes minat
  • tes prestasi

3. Seleksi tidak tertulis

Dari dua tahap sebelumnya apakah calon atau pemohon disetujui. Kemudian langkah selanjutnya dalam proses seleksi adalah seleksi tidak tertulis. Yang dimaksud dengan seleksi tidak tertulis disini adalah upaya menjalankan fungsi SDM atau pengembangan SDM untuk menggali lebih dalam tentang kandidat yang sama melalui penggunaan metode yang berbeda, seperti: wawancara dan studi kasus, sesuai dengan hasil dua penelitian sebelumnya. seleksi (manajemen dan seleksi tertulis).

4. Pemeriksaan kesehatan

Tahap terakhir dalam proses seleksi pegawai adalah pemeriksaan kesehatan calon karyawan yang telah melewati tahapan sebelumnya. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan adalah sebagai berikut: tes darah, urinalisis, tekanan darah, kesehatan mata, kesehatan gigi, dan kesehatan paru-paru.

Nah, itulah informasi beberapa contoh proses rekrutmen dan seleksi yang penting untuk kita ketahui. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua, sehingga dapat menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat.