Sabtu, 30 Oktober 2021

Bagaimana Jika Lupa Password My SAPK BKN?

bursa cpns - Cara reset password login terakhir SAPK BKN atau cara lupa password login SAPK BKN Saya. Sahabat ASN dimanapun berada, kini BKN telah membuka akses ke seluruh ASN di seluruh wilayah Indonesia sehingga setiap ASN dapat login ke aplikasi My SAPK BKN untuk update data ASN.

My SAPK BKN


Jenis data ASN yang akan diperbarui meliputi:
  1. informasi pribadi;
  2. Riwayat posisi
  3. Riwayat pendidikan dan pelatihan/kursus;
  4. sejarah SKP.
  5. tanggal penghargaan (jasa);
  6. sejarah pangkat dan derajat ruang;
  7. sejarah keluarga;
  8. Catatan tinjauan tenurial (PMK);
  9. Sejarah agen transportasi.
  10. sejarah CLTN;
  11. riwayat CPNS/PNS; Dan
  12. sejarah organisasi.

Bagi ASN yang akan mendownload aplikasi My SAPK BKN terbaru tahun 2021 untuk update data ASN dapat mengaksesnya melalui link berikut:


Jika Anda mengakses link tersebut, Anda dapat menggunakan/mengakses aplikasi My SAPK BKN dengan dua cara yaitu Mobile Access (HP) dan penggunaan laptop/komputer.

Meskipun BKN telah membuka akses bagi seluruh ASN untuk mengupdate data ASN pribadinya, ternyata masih banyak kendala yang dihadapi sebagian ASN dalam mengakses atau login ke aplikasi My SAPK BKN. Salah satu masalah yang dihadapi adalah tidak bisa login dengan username dan password yang digunakan masing-masing ASN.

Login awal ke aplikasi My SAPK BKN adalah menggunakan username PIN dan password NIK. Namun setelah dilakukan pengujian oleh beberapa pengguna ternyata username dan password yang dimasukkan untuk login ke aplikasi My SAPK BKN menggunakan PIN dan NIK masih belum berhasil atau tidak.

Alternatif yang dapat digunakan oleh pengguna khususnya ASN yang tidak berhasil login ke aplikasi My SAPK BKN menggunakan username PIN dan password NIK adalah dengan mereset password atau menggunakan daftar lupa password. Untuk ASN yang akan mereset kata sandinya, Anda dapat mempelajari cara melakukannya melalui artikel ini.

Nah, pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial cara reset password login SAPk BKN saya untuk ASN yang tidak bisa login dengan benar dengan password NIK.

Berikut langkah-langkah reset password bagi yang lupa password login My SAPK BKN:

1. Silahkan login ke aplikasi My SAPK BKN

2. Klik “lupa password”

3. Pada kolom NIP masukkan 18 digit nomor induk pegawai (NIP) anda, dan pada kolom email masukkan email aktif anda yang sudah terdaftar di BKPSDM instansi masing-masing

4. Selanjutnya klik “lanjutkan”

5. Setelah itu silahkan anda cek email anda dan lihat kode token reset password yang telah dikirimkan dari email mysapk.bkn.go.id

6. Pada konfirmasi reset password silahkan masukkan password baru sesuai keinginan anda dengan syarat (password minimal 6 karakter dan menggunakan minimal 1 huruf besar dan 1 angka)

7. Pada kolom “Token” silahkan masukkan kode token yang masuk ke email anda

8. Selanjutnya klik “Reset Password”

9. Setelah berhasil melakukan reset password maka silahkan anda login Kembali ke My SAPK BKN dengan menggunakan NIP sebagai username dan pada kolom password silahkan masukkan password yang baru saja anda buat

10. Maka anda akan berhasil login ke laman My SAPK BKN, dan selanjutnya silahkan lakukan pemutakhiran data ASN

11. Selesai.

Demikian informasi tentang cara reset password jika tidak bisa login ke aplikasi My SAPK BKN atau karena lupa password. Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya bagi ASN yang tidak bisa login ke aplikasi My SAPK BKN.